RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMA ………
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/
Semester : X / 1
Pertemuan
ke : 1
Standar Kompetensi :
Mempraktikkan berbagai gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan
peraturan yang dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar : Mempraktikkan
penerapan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga sepakbola dengan baik,
serta nilai kerjasama, percaya diri, tanggung jawab, kejujuran, mampu
berpikir untuk memecahkan masalah, menghargai teman dan lawan.
berpikir untuk memecahkan masalah, menghargai teman dan lawan.
Alokasi
Waktu : … menit
A.
Indikator
· Psikomotor
Siswa mampu menguasai kepemilikan bola dan
siswa lain mampu membuka ruang untuk menerima operan bola.
· Kognitif
Siswa mengetahui cara menguasai bola dan
menempatkan diri untuk mendukung pembawa bola.
· Afektif
Siswa mampu bekerjasama dan menghargai teman
satu kelompok maupun lawan permainan.
B.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menguasai bola dengan passing,
wall pass maupun kontrol bola.
2. Siswa dapat mendukung pembawa bola dengan membuka
ruang dan menempatkan pada posisi yang baik untuk menerima bola.
3. Siswa dapat bermain sepakbola dengan baik
menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan nilai kerjasama,
percaya diri, tanggung jawab, kejujuran, mampu berpikir untuk memecahkan
masalah, menghargai teman dan lawan.
· Karakter
siswa yang diharapkan
-
Kerjasama
-
Percaya
diri
-
Tanggung
jawab
-
Jujur
C.
Materi Pembelajaran
Permainan Sepakbola
· Menguasai bola dan mencetak angka.
· Mempertahankan gawang.
· Mendukung pembawa bola dengan membuka ruang
dan menempatkan diri pada posisi siap menerima bola.
· Bermain sepakbola dengan peraturan yang
dimodifikasi.
D.
Metode Pembelajaran
1. Diskusi
2. Latihan
3. Permainan
4. Penugasan
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No
|
Uraian
|
Gambar
|
Keterangan
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
|
A. Pendahuluan
· Berbaris dua saf, dipimpin berdoa,
presensi, dan pemberian pokok materi yang akan diajarkan.
Pemanasan (5 menit)
· Pemanasan dengan menggunakan kombinasi
gerakan passing dan kontrol bola dan lari-lari kecil, yaitu dengan:
- Sebelumnya siswa dibagi menjadi dua
kelompok dengan menggunakan pita di pergelangan tangan sebagai pembeda
kelompok.
- Siswa melakukan lari-lari kecil dengan
batas lapangan yang telah dibuat. Saat lari siswa diberi dua bola dan
melakukan passing bola kepada teman yang dipanggil namanya, sehingga saat
berlari juga harus tetap berkonsentrasi pada suara teman.
- Saat peluit berbunyi maka siswa melakukan permainan
dengan fokus penguasaan bola. Bola dioper kepada teman satu tim dengan tiga
kali sentuhan terhadap bola.
- Teman satu tim harus dapat membuka ruang sehingga dapat menerima
operan bola dengan baik.
|
G
S S S
S S S
S S S
S S S
-
Pemanasan
S S
S S
S
S S S
|
G = guru
S = siswa
- Lari-lari kecil sambil melakukan operan
bola.
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.
|
B. Inti (22 menit)
1.
Eksplorasi
(7 menit)
Permainan
pertama menggunakan 6 vs 6 dengan cone
sebagai sasaran gol. Bila bola keluar maka bola harus ditendang, tidak ada
lemparan menggunakan tangan. Gol dianggap sah jika tendangan dilakukan
didalam lapangan tanpa melewati garis batas karena cone berada di luar lapangan.
Taktik yang digunakan: kemampuan untuk membuka ruang dan mendukung
pembawa bola dengan menempatkan pada posisi siap menerima bola.
2.
Elaborasi
a.
Diskusi
(3 menit)
Siswa
dikumpulkan di tepi lapangan selanjutnya dilakukan sesi tanya jawab dengan
pertanyaan sebagai berikut:
-
Apa
yang harus dilakukan agar bola selalu dalam penguasaan kelompok?
-
Apa
yang dilakukan pemain tanpa bola di dalam lapangan?
-
Strategi
seperti apa yang digunakan agar dapat mencetak gol?
b.
Latihan
(5 menit)
Siswa
dibagi menjadi empat tiga baris.
Siswa
paling depan menghadap ke belakang dengan jarak tertentu. Tiga siswa lain ada
yang menjadi penghalang (yang paling depan) dan yang di belakangnya menjadi
penerima bola dengan membuka ruang.
Pembawa
bola menggiring bola hingga dekat dengan penghalang kemudian mengoper bola ke
teman yang sudah menenpatkan diri di posisi tertentu.
Kemudian
pembawa bola pertama lari ke barisan paling belakang, penghalang menjadi
penggiring bola, baris belakangnya menjadi penghalang, dengan memberikan bola
pada pembawa bola baru, dan siswa di belakangnya lagi menjadi penerima bola.
c.
Permainan
ke-2
(5
menit)
Permainan
kedua sama dengan permainan pertama namun menggunakan dua bola sehingga
koordinasi lebih diperkuat.
3.
Konfirmasi
(3 menit)
Guru
kembali memberi penjelasan serta
pemahaman terhadap materi yang telah diberikan.
|
Permainan 1
G
S
S S S
S S
S
S S S
S S
Contoh formasi:
2
Gambar sama dengan permainan 1
G
S
S S S
S S
S
S S S
S S
|
A = tempat memukul bola/ home
B = base 1
C = base 2
X = pelempar bola
=
arah membuka ruang
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.
|
C. Penutup (2 menit)
- Siswa dibariskan dua saf, dihitung,
kemudian berdoa sebagai penutupan kegiatan lalu dibubarkan.
|
-
Penutupan
G
S S S
S S S
S S S
S S S
|
|
F.
Sumber dan Alat Belajar
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Bola sepak 4 buah
- Cone
6 buah
- Serbuk kapur
- Pita
- Buku referensi, Toto Subroto. 2001. Pembelajaran
Keterampilan dan Konsep Olahraga di Sekolah Dasar: Sebuah pendekatan Permainan
Taktis. FPOK Universitas Pendidikan Indonesia.
G.
Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan
sesudah pembelajaran.
Teknik dan bentuk penilaian:
a. Tes keterampilan (psikomotor)
b. Tes sikap (afektif)
c. Tes pengetahuan (kognitif)
a.
Lembar
Penilaian Unjuk Kerja Aspek Psikomotor
Tes keterampilan
NO
|
NAMA SISWA
|
Soal no. 1
|
Soal no. 2
|
Soal no. 3
|
Nilai
| ||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
| |||
1.
dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor maksimal : 9
|
|
Penilaian = Jumlah skor yang diperoleh x 100%
Jumlah skor maksimal
b.
Lembar
Penilaian Tes Sikap (Afektif)
Tes dilakukan pada saat proses belajar mengajar
berlangsung
NO
|
NAMA SISWA
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
| ||||||||
Kerjasama
|
Percaya diri
|
Spotivitas
| |||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
| |||
1.
dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor maksimal : 9
|
|
Penilaian = Jumlah skor yang diperoleh x 100%
Jumlah skor maksimal
c.
Tes
Pengetahuan (Kognitif)
1. Apa yang harus dilakukan agar bola selalu
dalam penguasaan kelompok?
2. Apa yang dilakukan pemain tanpa bola di dalam
lapangan?
3. Strategi seperti apa yang digunakan agar
dapat mencetak gol?
Lembar Tes Pengetahuan (Kognitif)
NO
|
NAMA SISWA
|
Butir-butir pertanyaan
|
Nilai
| ||||||||
Soal no. 1
|
Soal no. 2
|
Soal no. 3
| |||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
| |||
1.
dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor maksimal : 9
|
|
Penilaian = Jumlah skor yang diperoleh x 100%
Jumlah skor maksimal
REKAPITULASI
PENILAIAN
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek penilaian
|
Jumlah
|
Nilai akhir
|
Ket.
| ||
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
| |||||
1.
dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
|
Penilaian = Jumlah skor yang diperoleh x 100%
Skor tiga aspek penilaian
Keterangan :
· Mendapat nilai istimewa, jika skor : 91-100%
· Mendapat nilai sangat baik, jika skor : 81-90%
· Mendapat nilai baik, jika skor : 70-80%
· Mendapat nilai cukup, jika skor : 61-69%
· Mendapat nilai kurang, jika skor : kurang dari 60%
Tidak ada komentar:
Posting Komentar