RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Kuliah : Pengajaran
Permainan Invasi
Kelas/Semester :
Standar Kompetensi*
1. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan
olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
1.1. Mempraktikan teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar beregu serta nilai kerja sama, toleransi, percaya diri,
memecahkan masalah, menghargai teman keberanian*
Alokasi Waktu : menit ( 1 x pertemuan )
a.
Siswa dapat melakukan passing bawah dengan benar
b.
Siswa dapat melakukan dribling dengan baik dan benar
c.
Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan
yang dimodifikasi untuk memupuk nilai kerja
sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai teman
v Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery
)
B. Materi Pembelajaran
Permainan
Sepakbola
·
Passing bawah
·
Membawa bola (dribling)
·
Bermain sepakbola menggunakan peraturan yang dimodifikasi
C. Metode Pembelajaran
-
Ceramah
-
demonstrasi
D.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan ( 3 menit )
-
Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan
pemanasan
-
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
2.
Kegiatan Inti ( 24 menit )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Melakukan teknik dasar passing bawah
F
Teknik dasar (passing bawah, dan
dribling )
dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
§
Melakukan passing bawah ke arah teman di hadapannya, dengan
menggunakan kaki bagian dalam dan punggung kaki
§
Melakukan dribling ke depan dan
kemudian melakukan passing bawah ke arah teman di hadapannya dengan menggunakan kaki bagian
dalam dan punggung kaki
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Bermain sepakbola dengan peraturan yang
dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing bawah dan dribling
F
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup ( 3 menit )
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
E.
Sumber Belajar
-
Ruang terbuka yang datar dan aman
-
Bola
-
Cone
-
Buku teks
-
Buku referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas VII,
-
Lembar Kerja Proses Belajar, Roji,
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
F. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Aspek Psikomotor
·Melakukan
passing bawah
·Bermain
sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·Mengetahui
bentuk-bentuk passing bola dan dribling
Aspek Afektif
·
Kerja sama, toleransi,
memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian
|
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
Lisan
Tes
observasi
|
Tes
Contoh Kinerja
kuis
Lembar observasi
|
·
Lakukan teknik dasar passing bawah
·
Teknik passing bawah yang
bagimana yang mudah dan tepat pada sasaran :
a.
Menggunakan kaki bagian dalam
b.
Menggunakan punggung kaki
c.
Menggunakan kaki bagian luar
·
Melakukan kerja sama,
toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian
|
1. Teknik penilaian:
- Tes unjuk kerja
(psikomotor):
Lakukan teknik dasar passing bawah
dan dribling
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta
ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai = -----------------------------------------
X 50
Jumlah
skor maksimal
- Pengamatan sikap
(afeksi):
Mainkan permainan sepakbola dengan
peraturan yang telah dimodifikasi. Taati
aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif,
keberanian, percaya diri dan menghargai teman
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada
kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan
perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku
yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlahskor
yang diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 30
Jumlah
skor maksimal
- Kuis/embedded
test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik,
pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan sepakbola
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban siswa, dengan rentang nilai antara 1 s/d 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 20
Jumlah skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh
siswa =
Nilai tes
unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis
|
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK
PENILAIAN
UNJUK KERJA
TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAKBOLA
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Melakukan
Teknik Dasar Passing bawah dan dribling
1. Posisi
awal kaki saat akan melakukan pasing bawah dan dribling
2. Bentuk
gerakan kaki saat melakukan passing bawah dan dribling
3. Ketepatan
bola setelah melakukan passing bawah
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL: 12
|
RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA
PERILAKU
YANG DIHARAPKAN
|
CEK
(√ )
|
1. Bekerja sama dengan teman
satu tim
|
|
2. Keberanian dalam melakukan
gerakan (tidak ragu-ragu)
|
|
3. Mentaati peraturan
|
|
4. Menghormati wasit (sportif)
|
|
5. Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam
bermain
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5
|
RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM
PERMAINAN SEPAKBOLA
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Teknik passing bawah yang bagaimana yang mudah dan tepat pada sasaran ?
2. Bagaimana drible
yang efektif untuk bermain sepakbola?
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL: 8
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PERMAINAN SEPAKBOLA
MATA KULIAH: PENGAJARAN PERMAINAN INVASI
Disusun oleh :
IQBAL SYAIFULFALAH
09601241027
PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar