Senin, 10 Desember 2012

Invasi Sepakbola


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Kuliah              : Pengajaran Permainan Invasi
Kelas/Semester          :

Standar Kompetensi*                        
1. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan  olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar               
1.1. Mempraktikan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar beregu serta  nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, memecahkan masalah, menghargai teman keberanian*
   
Alokasi Waktu      :  menit  ( 1 x pertemuan )

A.   
Tujuan Pembelajaran
a.        Siswa dapat melakukan passing bawah dengan benar
b.        Siswa dapat melakukan dribling dengan baik dan benar
c.        Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai teman

v  Karakter siswa yang diharapkan :             Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
B.    Materi Pembelajaran
Permainan Sepakbola
·  Passing bawah
·  Membawa bola (dribling)
·  Bermain sepakbola menggunakan peraturan yang dimodifikasi

C.    Metode Pembelajaran
-                Ceramah
-                demonstrasi

D.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.        Kegiatan Pendahuluan ( 3 menit )
-    Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran


2.        Kegiatan Inti ( 24 menit )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melakukan teknik dasar passing bawah
F  Teknik dasar (passing bawah, dan dribling ) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
§  Melakukan passing bawah ke arah teman di hadapannya, dengan menggunakan kaki bagian dalam dan punggung kaki
§  Melakukan dribling ke depan dan kemudian melakukan passing bawah ke arah teman di hadapannya dengan menggunakan kaki bagian dalam dan punggung kaki
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing bawah dan dribling
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup ( 3 menit )
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
                                               

E.  Sumber Belajar
-          Ruang terbuka yang datar dan aman
-          Bola
-          Cone
-          Buku teks
-          Buku referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII, 
-          Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan



F.  Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Aspek  Psikomotor
·Melakukan passing bawah
·Bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi

 Aspek  Kognitif
·Mengetahui bentuk-bentuk passing bola dan dribling





 Aspek Afektif
· Kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian



Tes praktik
(Kinerja)




Tes Lisan





Tes
observasi


Tes Contoh Kinerja




kuis





Lembar  observasi

· Lakukan teknik dasar passing bawah


· Teknik passing bawah yang bagimana yang mudah dan tepat pada sasaran :
a.       Menggunakan kaki bagian dalam
b.       Menggunakan punggung kaki
c.        Menggunakan kaki bagian luar


· Melakukan kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian


1.     Teknik penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor): 
    Lakukan teknik dasar passing bawah dan dribling
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4


                            Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 50
                            Jumlah skor maksimal

- Pengamatan sikap (afeksi): 
    Mainkan permainan sepakbola dengan peraturan yang telah dimodifikasi.  Taati aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan menghargai teman
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1

                    Jumlahskor yang diperoleh
Nilai  =  ----------------------------------------- X 30
                        Jumlah skor maksimal
                           
-  Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan sepakbola

Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban siswa, dengan rentang nilai antara 1 s/d 4

                   Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 20
                 Jumlah skor maksimal

-    Nilai akhir yang diperoleh siswa =

Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis
Text Box: Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis               
                               
               
2.     Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAKBOLA
Aspek Yang Dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4
    Melakukan Teknik Dasar Passing bawah dan dribling
1.  Posisi awal kaki saat akan melakukan pasing bawah dan dribling
2.  Bentuk gerakan kaki saat melakukan passing bawah dan dribling
3.  Ketepatan bola  setelah melakukan passing bawah




JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12

RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
CEK (√ )
1.  Bekerja sama dengan teman satu tim

2.  Keberanian dalam melakukan gerakan (tidak ragu-ragu)

3.  Mentaati peraturan

4.  Menghormati wasit (sportif)

5.  Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam bermain

JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5


RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA
Pertanyaan yang diajukan
Kualitas Jawaban
1
2
3
4

1.  Teknik passing bawah yang bagaimana yang mudah dan tepat pada sasaran ?

2.  Bagaimana drible yang efektif untuk bermain sepakbola?





JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8

                                                               
           














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PERMAINAN SEPAKBOLA
MATA KULIAH: PENGAJARAN PERMAINAN INVASI

UNY (1).JPG


Disusun oleh :
IQBAL SYAIFULFALAH
09601241027


PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar